Magang di PT Sanofi Aventis #Part2 #end

Assalamualaikum Wr Wb

Post ini adalah kelanjutan dari post yang sebelumnya itu lho yg gak beres2 buat diceritain hahaha klik di sini. Kangen banget sama tempat ini!!! Pengalaman berharga bisa magang di PT Sanofi Aventis, atau PT Aventis Pharma. bebas namanya yg mana aja gak ada yang fix hahahhahahaha.

Buat yang belum baca posting aku sebelumnya, jadi aku magang di Industrial site, lebih tepatnya Departemen Produksi, lebih tepatnya lagi di Unit Processing. 

Screenshot_20180512-121444.jpg
Me and sebagian geng PKPA (kecuali yang paling kanan itu karyawan processing namanya Mbak Ziza 🙂 )

Well sebenernya w mau cerita banyak tentang materi PKPA kayak magang di BBPOM Bandung dulu, tapi w gak berani karena w gak tau yang mana bagian yang strictly confidential hahahaa maap guys bagi yang mau tau info lebih lanjut, hubungi saja emailku fladellata@gmail.com yups ^^

IMG_20180512_122248 (1).jpg
Dikasih foto ini sama Mbak Zizah (yang baju pink). Yg baju biru itu selegram dari USU namanya Alwan hahaha. Ini pas hari terakhir aku di Sanofi. Perpisahan gituu sama mereka temen2 ngobrol n belajarku di departemen produksi 🙂

Mau ngucapin terimakasih banyak kepada karyawan Sanofi ini, pertama untuk Mas Aka supervisor w selama 2 bulan magang, yang gak pernah ngasih aku tugas berat bahkan laporan dan ppt pun gak perlu buat hahaha trims banyak loh mas. Mas Vian foreman processing yang mau meluangkan waktu buat menjawab pertanyaan2 seputar Sanofi, Mbak Ziza yang nemenin aku ke sana kemari selama di Sanofi. Pak Nadiem kepala departemen produksi yang malah bilang terimakasih padaku padahal mah aku yang terimakasih ke Bapak rela-rela saja nampung bocah sengklek ini hahahaha. Mas Jay, Mbak Penny, Mbak Rifa QA officer. Operator-operator produksi yang banyak memberiku pelajaran moral dan pengetahuan2 baru yang sangat menarik WKWKWK (pengetahuan apa? rahasiaaaa hihi).

IMG-20180328-WA0011.jpg
Me and geng PKPA full team! Ada yang dari USU, UP, UGM, ITB, dan Poltekkes Bogor.

Juga buat temen2ku, Ulfa dan Icha dari UGM, Lola dan Wawo dari UP, Dayat dari ITB wkakakak jadi kayak orang baru aja lo day, Alwan dan Edward dari USU,  dan dedek2ku dari Poltekkes. Makasih sudah menemani kesendirianku di Jakarta ahahaha ((sad)). Semoga kita disumpah tahun ini yaa aamiin aamiin.

((Btw seolah2 mereka bakal baca blog gue aja, biarin aja lah ya hahahahaha)

Banyak yang gue rinduin dari Sanofi ini. Makan siang gratis hahaha, baju astronot, mesin2 jerman, kartu tap cash hahaha, zebra cross, jalanan yg kaku, lapangan bola, basket, masjidnya, tausyiah jumat sama pak Haji, lagu lobby utama yang itu2 melulu hahahaha, WC, tempat narok tas, tempat gym, dan masih banyak lagi. Alhamdulillah dikasih kesempatan PKPA di Sanofi walau sesungguhnya inginnya PKPA di deket rumah aja biar ngirit uang dan tenaga. Tapi alhamdulillah justru Allah kasih yang lebih baik dari itu hahahhaha.

Sudah yups kututup posting seputar PT Sanofi Aventis/PT Aventis Pharma di blog ini #partend.

Wassalamualaikum Wr Wb

Advertisements

Sister’s Wedding Day

Assalamualaikum wr wb all….

Selamat jumat malaaaamm! Happy friday night buat jomblo produktif!!

Jumat malam = besoknya sabtu = libur = besoknya lagi hari minggu = masih libur!!!

Jadi, waktu bersenang2 paling aszek memang di jumat malam. Yeeeyy, manfaatkan waktu main dengan baik 🙂 ((walau cuma depan laptop))

By the way, masih bersambung tentang post w yang sebelumnya. dan post2 yang sebelumnya lagi, ditambah dengan kondisi raga yang… ah  sudahlah, gue mau ngepost tentang yang satu ini! Review nikahan kakak uwe!!!

This is it!! DUNG DUNG CES

DSC_8048.jpg
Eaaaaaks. Ketika tanganmu menggenggam tangan bapakku……. di situ rasanya…… keras n kasar, ya? hehe..

Kenalin nih abang baru gue, nama: Faruq, umur: 25 tahun, suku: minangkabau, status: menikah (dengan kakak gue) ihihihi. Tanggal 27 januari lalu, di Gedung Vidya Chandra, Cimahi. Akad alhamdulillah berlangsung khidmat dengan panjangnya tausyiah nikah yang diberikan oleh pihak besan. wkw

DSC_8052.jpg
Eh udah halal geuning? sip atuh? hahaha

This is it!!! Ini momen seusai netizen bilang sah sah sah, saat mempelai wanita a.k.a kakak w keluar….. Btw, mirip sama w ya?? Ya lebih kurang ntar w bakal 11:12 gini lah ya? hahahaha? Btw, harusnya itu aku  yang bawa doita keluar, tapi karna baju aku warnanya pink bukan warna elsa, n untuk memaksimalkan fungsi bridesmaid, jadi bukan w deh yang bawa manten keluar 😦 —-padahal mah dengan ada atau tidak adanya w gak ngefek apa2 buat si manten..

Q = Foto kamu pas akad mana Del?

A = WKWKW dokumentasi w yang non-selfie gak ada dooong sad padahal udah on fire 😥

Beres akad, sambutan, tausyiah, wejangan, dll, kita semua ganti baju, n gue, akhirnya pake baju ELSA HAHAHAHAHAHHAHA ^^

20180127_111448.jpg
@ ruang ganti baju, with kakak2 ipar. Kok cantik banget del?? Yoyoyy, emang, power of make up kenceng banget, n kebetulan basenya udah bagus sih ihihihi

Jadi, bersama nax2 UKM-ITB, manten n keluarga (didalamnya termasuk w), diarak masuk ke dalam gedung. Arak2an bu? Yaa cem2 gitu deh cuma versi balegnya WKWK sori HMF. Pas nyampe dalam gedung, w ditahan sama nax2 UKM buat mereka nari2 minang gitu, atau apa ya lupa w yang pasti cukup menarik n cukup lama (wqwq) sih menurut w. Udah beres prosesi itu, terus w masuk ke dalam gedung, ngekor di belakang besan n manten, terus misahin diri. Terus UKM tampil lagi nari piring.

DSC_8248 (1).jpg
Trims UKM-ITB!!! You all are awesome!!!

Udah tari piring, lanjut tausyiah lagi di atas pelaminan oleh om besan wqwqwq. Btw, berhubung kakak w minang, suami minang, jadi semua full minang!! Pelaminan bagonjong n temanya red n gold gitu. Leh uga??!

IMG_3096.jpg
Jadi, kita kapan?

Q = Naha kamu jadi Elsa?

A = Soalnya nemu kain yang bagus n yang paling bagus warnanya ya si ELSA XO XO XO

20180127_125210.jpg
TRIMS TEMAN2Q yang sudah datang. Minus beberapa orang yang keasyikan makan (katanya katering kakak gw enak, iya sih gw sempet nyoba n ternyata memang enak banget)

1 pelajaran berharga bagiku (yang baru sadar) ternyata betapa berkesannya kehadiran teman-teman yang diundang untuk datang ahahahaha, gw jadi inget siapa yang datang dan siapa yang tidak datang hahahahah apalagi kalo udah jadi manten ya, ternyata benar kata orang-orang yang pernah punya acara, memang seperti itu kenyataannya hahahaha.

DSC_8315.jpg
Beres acara lanjut putu ala2. Udah halal mah bebas, hahaha

Sekian dulu yaaa. Udah jam setengah 2 subuh gening. Tumben2 w bisa begadang. Fix lagi jadi mapres(sed) (mahasiswa tertekan) ahahahhaa doain aku lulus tahun ini guys. Moga berkah ilmu2nya selama 5 tahun ini aamiin Ya Allah Ya Rabbal Alamiin.

Wassalamualaikum Wr Wb

Time Flies, Memory Lost

Assalamualaikum Wr Wb

Apa kabar duniaa mayaaaaaaa?! Kabar gue tidak baik (sebenarnya memang gak ada yang nanya bagaimana kabar aku ini, hanya ingin curhat, curhat ke diri sendiri seperti biasa. Sad? Iya memang aku ini menyedihkan, tapi sebenarnya banyak sekali yang harus disyukuri setiap harinya)

OE PENGEEEEEEEEEN BANGET CERITA MENGENAI BANYAK HAL :’)

Karena banyak sekali momen tahun ini yang seolah numpang lewat begitu saja. Hidup gue mengalir deras menukik nukik dan begitu pula hidup manusia-manusia lainnya. Time flies memory lost. Mulai dari resepsi nikah kakakku, magang di Industri Jakarta, magang di Apotek Bandung, sekarang gue udah balik lagi ke Jakarta buat magang di BBPOM Cipayung. Keseharian gue tahun kini adalah kerja kerja kerja kerja kerja kerja kerja. Ujian ujian ujian ujian ujian ujian ujian ujian ujian ujian ujian ujian ujian ujian.

Gue sampai lupa di samping rasa asin, masih ada rasa manis, asam, dan pahit. Ada rasa yang lain gak sih? Ternyata gue benar-benar sudah lupa.

Q = Lu lebay deh?

A = Emang, so what gt lo?

No lelah without Lillah. Kita tak boleh merugi dunia akhirat. Mengeluh membuktikan bahwa masuk surga itu……….sulit, ya? :’)

Wassalamualaikum wr wb yups… see u on next post. (post gue hari ini bakal bejibun, gue seteres)

Magang Di PT Sanofi Aventis #Part1

Assalamualaikum.. Warrahmatullahi.. Wabarakatuh!!!

Apa kabar teman2 wordpress!!?

Sori2 baru upload lagi. Karena minggu ini, aku udah gak gabut lagi kayak minggu2 lalu. U know what I did this week? HIJRAH nih aku……. Hijrah ke JKT dalam rangka PKPA (Praktik Kerja Profesi Apoteker)…. hihihihi

Jakarta.original.4635.jpg
Source: https://karental.id

Seminggu ini aku jadi anak rantau ibukota, lebih tepatnya sampai 30 maret nanti. Finally akhirnya merasakan jadi anak rantau, setelah 22 tahun terkungkung di Bandung (lebi tepatnya Kab. Bandung Barat) bersama keluarga tercinta.. miss you all 😥

Mulai tanggal 5 feb kemarin aku mulai Magang di PT Aventis Sanofi. What is that?

PT Aventis Sanofi adalah Industri Farmasi bermarkas di Pulomas, Jakarta Timur. Merupakan anak perusahaan PT Sanofi Prancis. Sanofi ini perusahaan Multinasional gitu, kalo kamu liat di cekbpom.pom.go.id, terdapat ±186 jenis produk PT Sanofi yang teregistrasi. N semuanya obat paten… kece beud kan… mahal gitu loo… wkkw. Btw, buat yang gak tau perbedaan obat paten dan obat generik itu apa, atau bahkan belum tahu apa itu obat paten, atau apa itu obat generik.. Monggo klik disini 🙂

——-

Singkat cerita, bulan lalu aku mampir ke Jkt, niatnya nyebar undangan nikahan kakakku di tanggal 27 januari lalu, sama sekalian nyari kosan di deket kantor. Setelah keliling-keliling Pulomas, pada akhirnya aku memutuskan untuk ngekosnya di Cempaka Putih yang posisinya di sebrang Pulomas. Kalo mau ke kantor, tiap hari aku perlu lewat jembatan penyebrangan, yang juga nyambung ke halte TransJKT. Jalan 15 menitan, nyampe deh!

Singkat cerita, aku waktu itu belum bayar DP. Sampai hari minggu kemarin aku bawa barang2 dari Bandung buat pindahan ke kos, masih dalam kondisi nyari2 kosan (deadliner hehhe). Eh ternyata, jodoh mah moal kamamana!! Kosan yang aku keceng bulan lalu itu masih kosong dongg…wkwkw. Alhamdulillah.

—–

Ohiya, selain aku, ada si Dayat juga yang magang di Sanofi dari itebek. Well, sampai hari pertama nginjekkin kaki di Sanofi, sejujurnya kita masih belum pasti bakal PKPA di sini WWKWK. Karena orang sanofinya kurang reachable, telpon gak diangkat, email gak nyambung-nyambung. Alhamdulillah dengan bantuan dosen, ada sedikit kejelasan bahwa kita disuruh kumpul tanggal 5 buat induksi awal. Tapi jamnya gak dikasih tau. Alhasil si Dayat inisiatif bilang jam 8 harus udah di sana. Kebiasaan di Bandung deh, berangkat selalu lebih dulu, aku nyampe Sanofi jam 7.15 ekekekekk. Pas nyampe pos satpam, ternyata ada anak USU 2 orang, si Edward & Alwan, dan mereka ternyata lebi gak jelas lagi nasibnya sad kwkwkw. Alhamdulillah kami semua dibolehin masuk sama satpam setelah dijudes2in dulu huu. Thanks to Mbak Nurikha..

———-

Weeww.. Sanofi lebi bagus dari perkiraan aku sih. Ternyata gede juga. Interiornya juga bagus. Yaiyalah wong perusahaannya orang bule.. Masuk ke Lobby, kita disambut sama Mbak Ikha yang bantuin kita masuk tadi, terus masuk ke ruang tempat makan gitu, terus masuk lagi ke dalem gedung yang lain. Setiap ganti ruangan Mbak Ikha selalu ngetap gitu deh kayak eToll, jadi emang tiap ganti ruangan tu selalu ada access cardnya. Hingga masuklah kita ke gedung QO (quality operation). Di bawahnya ada 3 bidang, yaitu: QA (quality assurance), QC (quality control), dan QS (quality system).

Nyampe sana kita langsung ketemu sama Bu Angling. Kirain mau ngejelasin Sanofi, eh ternyata Ibunya ngewawancara kita.. DEG2… Kirain kayak wawancara kerja gitu, nanya visi misi hingga transkrip.. Owhh ternyata gak sampai situ, cukup Nama, Jurusan S1, dan Judul Skripsi. Buat nentuin bakal dimasukkin ke bidang mana. Berhubung topik TA aku itu formulasi, akhirnya aku ditempatin di Departemen Produksi bareng si Alwan USU, si Dayat & Edward ditempatin di departemen QC.

PRODUKSI?? Oh nooo.. sampe hari Sabtu dong kerjanya? Oh ternyata tidak. Di Sanofi produksi tiap hari Senin-Jumat, masuk jam 7.15 keluar jam 16.00. Cuma bedanyaa.. ada Shift II, jam 16.00-24.00. Aku shift mana? Alhamdulillah ditarok di yang pagi. Hhehehe..

Aku memulai hari pertama di Departemen Produksi dengan antusiass.. hihihihi, bareng sama si Alwan jalan ke gedung Produksi, nyampe sana gak punya access card. akhirnya ditapin sama Bu Satpam, terus dicek barang bawaan, disuruh ditinggal semua. Bener-bener gak boleh bawa apa2, cuma bole bawa Buku n Pulpen Biru. Ah iya, disini cuma boleh pake pulpen biru. Gak boleh pake pulpen warna lain, pensil, Tip X juga gak boleh, pake kerudung harus putih. Btw, di departemen produksi ada 2 bidang. Bidang Processing dan Packaging. Bidang Processing itu yang bikin obat dari 0 sampai pengemasan primer. Bidang Packaging mulai dari kemasan sekunder sampai dipack di kardus-kardus. Oleh Bu Angling, aku sama si Alwan dititipin ke Mas Aka, which means aku bakal PKPA di Bidang Processing.

Kita naik tangga lagi ke atas, masuk ke tempat ganti baju gitu deh, ada banyak ruangannya. Aku masuk ke ruang di baris pertama a.k.a Line 1, khusus perempuan. Keluar dari sana bakal masuk ke Ruang Processing. Masuk ke tempat ganti baju aku disambut sama anak magang lain yang udah hampir 2 bulan di Produksi, namanya Ariel, dari SGU (Swiss Germany university), teknik kimia. Lepas rok, pake celana & baju yang dipinjemin pabrik, sepatu dilapis 2, kerudung dilapis lagi pake penutup, tangan dicucui pake alkohol. Aakk sayang gak bole bawa HP, jadi aja gak moto betapa mirip narutonya aku di sana..hehe.

Beres ganti baju, aku keluar, ketemu sama Mas Aka, supervisor departemen produksi. Kita dibawa turun lewat tangga, masuk ke tempat Produksi obatnya.. Wiiww berisik boii… Mesin di mana-mana. Mas Aka ngejelasin evacuation route. Udah itu aja. Terus Mas Akanya pergi ke ruang office, kembali ngetik-ngetik. Selanjutnya sama si Ariel kita dibawa keliling-keliling pabrik produksi. Mulai dari ruang penimbangan, ruang granulasi basah, ruang tableting, ruang semi solid, ruang IPC, ruang coating tablet, ruang Pengemasan Primer, ruang TSD (yang ngecek2 mesin), ruang cleansing, dan ruang-ruang lainnyaa.. Ruangannya bersih selalu, mesinnya eropa semua.. canggih dan gayya. Orangnya juga nyenengin semua, lucu-lucu betawi. Gue elu gue elu, gak ada lagi Teteh Akang. Di sini Mas Mbak. Kadang suka latah juga sih manggih teteh, tapi insya Allah sudah mulai terbiasa pake mbak hahaha, orang manggil teteh gak diwaro ._. Minggu ini seperti anak baru pada umumnya aku jaim-jaim kemayu dulu HEHEHE. Minggu depan kayaknya aslinya keluar. Entahlah._.

———-

Hari ke 4 aku ganti baju di Line paling ujung, which means aku bakal masuk ke bidang Packaging! Masuk ke sana aku bawa baju Putih yang dipinjemin kantor dari ruang Processing. Terus ganti baju, benerin kerudung, pake sepatu putih, keluarlah aku dari ruang ganti baju. Turun ke bawah.

Semua mata tertuju padaku.

Mbak, itu baju di ruang processing kan? Di sini bajunya yang biru mbak, ganti lagi sana!

*panik* *ngeles dikit* Ohya? Aku Cuma sebentar mbak, harus ganti baju lagi ya?

Iyaa..

Naiklah aku dengan pipi bersemu merah. DASAR CALEUY.. Maafkan aku Tuhan, Bangsa, dan Almamater 😥 😥

Masuk ke ruang packaging, orang-orangnya lebi asik lagi ternyata, hahaha, dikit-dikit ketawa, ngelawak lagi, ketawa lagi. Betah di sini, aku sampai lupa harus pulang ke ruang Processing, alhasil baru juga jam 9 aku ditelpon Mas Aka yang ngingetin ada induksi di bidang lain. Keluarlah aku, beres induksi, keliling di Processing bentar, terus mampir lagi deh ke Packaging sampe pulang, hehheehe.

———-

Overall gitu sih pengalaman minggu pertama ini. Selain sudah sedikit mengenal departemen Produksi, kemarin aku touring juga ke bidang warehouse dan PSC (Production Supply Chain), kalo di Industri lain mungkin namanya PPIC. Bidang warehouse itu gedungnya nyatu sama departemen produksi, nyatu sama bidang packaging, biar 1 line gitu deh kayaknya. Di sana dijelasin tentang SOP-SOP sama Pak Yulia, diajak keliling-keliling masuk ruang penyimpanan finished good, raw material, repackaging material. Masuk ke ruang suhu 25, ruang suhu <25, hingga ruang suhu 2-8.. Dinginnn… Keren deh. Kalo bidang PSC kita dijelasin tentang perkomputeran gitu, system input pesanan, urusan BPOM, dll.. ribet deh.. kurang paham juga gw.. wkwkw. Btw, Bisolvon produk Boehringer Ingelheim German ternyata dibeli Sanofi!! Mantab memang Sanofi..

———

Masalah perkostan, ternyata gini toh jadi anak kos: menyedihkan 😥 Makan sendiri, nyuci sendiri, ke kantor jalan sendiri, solat gak ada yang imamin (…….mmmmm itu mah memang nasib). Kalo makan sih, Alhamdulillah ada makan padang deket kosan, alhasil gak jauh beda makan di Bandung sama di Jkt, padang lagii, padang lagi ekkekeek. Tapi ya itu, kudu beli tiap hari, tiap pulang dari kantor gak boleh lupa mampir beli makan. Positifnya adalah, di Sanofi aku dapet makan siang gratis!!! Lengkap pulak macamnya, lauk sayur buah kerupuk sampai kolak2 pun disediain hehehe. Sudah hemat dapet berlebih pulak. Alhamdulillahh… wkwkwk.

Sekian deh cerita part I kali ini. Minggu depan mungkin akan lebih mendetail.

Doakan aku selamat sentosa di sini yaa!! 😀

Wassalamualaikum Warrahamtullahi Wabarakatuh

Dear Charlie

Matahari bersinar gagah. Awan melambai tipis di angkasa. Burung berdecit. Angin sepoi-sepoi bersahut-sahut mendadak. Selamat pagi dunia! Di sampingku berlari seekor kucing dengan hidung tegak mengeong-ngeong, entah turut menyambut pagi atau penasaran dengan bau badanku. Aku buka hari itu dengan senang semangat. Kegabutan liburan pergantian semester ini membuatku bebas melakukan apapun yang kumau. Merdeka!

Kuputar keran naik ke atas kemudian kubelokkan ke kiri. Semburan air panas menyalak badan, menyesuaikan diri dengan suhu tubuh, membuatku kalap. Entah angin terjebak atau halusinasi dalam ruang tertutup mengubah pita suaraku. Merdu-merdu Jarak Bali. Belum genap 1 album, bunyi raungan mama di depan pintu menyadarkanku untuk mematikan keran. Sudah satu jam!!! Baiklah, saatnya keluar. Kutiriskan badanku. Kubuka pintu kamar mandi dan kulanjutkan melagu. Ah, mengapa suaraku kembali normal.

Isak tangis bayi rumah sebelah tak kalah meriah dari Pasar Raya. Menangis kakaknya menangis pula adiknya. Merasa hak nyamanku lenje-lenje di rumah telah dirampas para bayi tetangga, kuputuskan untuk ikut orang tuaku mengurus bisnis ke Bandung. Loh bukannya rumah kamu memang di Bandung? Seperti orang Minang yang disebut orang Padang padahal kampungnya di Batusangkar. Saat mudik lebaran, aku dan ratusan tetangga komplekku disebut orang Bandung  padahal kami orang Padalarang. Suburban area. Mayoritas penduduknya setiap hari beraktivitas di Kota Bandung. Tak heran, Cimahi, Gunung Batu dan Pasteur selalu macet. Jumlah kami semakin banyak dan setiap hari kami seperti ini, seumur hidup bolak balik Bandung-Padalarang. Lintas Kota Lintas Kabupaten. Kami memang pengunjung Kota Bandung yang terkuat dan tersabar.

Urang Bandung ala tibo ha! Ujar sanak saudara ayah dan ibuku di Batusangkar. Kami hanya tersenyum mengangguk merasa keren di balik kenyataan sebenarnya. Ha ha ha

Turn right, then, turn right. Ujar google maps mengantar mobil yang kutumpangi pergi ke Baleendah. Sudah 1,5 jam lamanya aku duduk di atas jok keras, khas mobil Jepang, padahal sudah dicover bahan kulit, tetap saja keras. Namun, kerasnya jok tak akan terasa selama perjalanan, karena perjalanan bersama orang tua kali ini tetap menyenangkan, seperti biasa. Kapanpun dimanapun bagaimanapun akan selalu menyenangkan bila bersama orang yang disayang, bukan? Aku geser pinggangku ke bangku tengah. Kurapatkan kakiku diantara jok sopir dan jok bos  (jok ibuku). Aku julurkan kepala dan tanganku ke depan. Percakapan dimulai. Tidak ada HP selama perjalanan. Hanya ocehan antar mulut yang keluar, sekali dua kali ocehan perempuan dari GPS google map. Tidak ada facebook, twitter, apalagi instagram. Ini baru namanya keluarga.

Btw, sebenarnya, bukan itu inti ceritanya. Aku memang senang mengoceh tidak penting untuk menenangkan jiwa. Wahai wordpress, bantu aku mengendalikan emosi.

Semuanya dimulai di dalam mobil saat melaju ke Bandung.

Sudah 2 jam di dalam mobil. Ibuku mulai mengantuk, aku iseng meletakkan kepalanya ke sandaran joknya. Hening. Sudah kuduga. Ibuku itu orangnya pelor, nempel molor. Sekarang tersisa aku dan ayahku. Tapi ayahku itu orangnya sedikit bicara, lebih baik aku ikut sedikit bicara saja. Kujulurkan kepala ke sandaran kepala bagianku yang sebenarnya. Refleks kupegang HP. Kupencet tombol on. Ada pengumuman di Line. Dari grup Apoteker. Deg.

Kop pengumuman tersebut: #MOODDESTROYER

Kudownload PDF yang dishare. Judulnya, “Kertas Ratapan Nasib.” Rasanya seperti de javu. Oh, bukan de javu, memang pernah terjadi. Throwback 3 tahun lalu, masa-masa tembok ratapan nasib saat TPB. Bedanya, saat ini nilai terpampang dengan cara yang dibuat etis. Nama disensor, cukup NIM saja di sebelah kiri, indeks di sebelah kanan. Halah, apa ngaruhnya. Toh aku hafal siapa NIM atasku, di bawahku, 2 NIM di atasku, 3 NIM setelahnya, NIM teman-teman dekatku, NIM old friendsku. Aku sleding tanganku di atas HP touchscreenku. Kuturunkan kotak abu di sebelah kanan terus menerus hingga kutemukan NIMku. INDEKS PRESTASI MAHASISWA!!!

Astaga. AB, B, BC, dan……… CE :* :* :*

Dear Charlie, mengapa kamu lagi, kamu terus, kamu lagi :* :*

—6 bulan lalu, di kelas—

Asiik! Ada materi BPOM di apoteker!.” Ujarku polos.

—————–

Tak tau kenyataan yang terjadi 6 bulan kemudian: Pahit. Padahal bagiku, mata kuliah perundang-undangan dan etika keprofesian farmasi itu, ibarat seekor kuda hitam. Aku berani membeli mahal kuda itu. Kubersihkan setiap hari, kuletakkan dia di tempat yang nyaman, makanan enak. Tak lupa kuasah kemampuannya rutin berkala.

Tapi, mengapa malah kuda hitam itu yang membuatku jatuh dan tak bisa bangkit lagi ya Allah? 😭😭 (LEBAY)

Pengalamanku magang 1 bulan penuh di BPOM, mata kuliah yang kuulang hingga begadang, tak menunjukkan bahwa sebenarnya aku ini mampu. Kucoba basa-basi dengan dosen pengampu mata kuliah berharap beliau lama kelamaan luluh ngasih lihat nilai, dan bila bener dugaanku, dosen itu ada kesalahan saat input nilai, misal angka 4 yang sebenarnya 9, atau angka 9 yang terbalik jadi 6??!. Namun, ah, hidup ini memang kadang tak adil……….. Angkaku 63, 53, dan 70. Tak dapat kutemukan pola-pola yang bisa kuperdebatkan. Aku memang tak layak dapat nilai bagus. Aku memang sampah. Atau, jangan-jangan, inikah yang namanya takabur!?

Indeksku limit dari arah kanan. Terselamatkan mata kuliah 3 sks, pendongkrak nilai, thank you so much. Kini dia seperti karang dengan masa jenis yang sama dengan air laut. Dia tak muncul di permukaan, tak pula jatuh tenggelam di dasar laut. INDEKSKU MELAYANG-LAYANG

Kupertaruhkan masa depanku di semester depan. Sekalinya tenggelam, sia-sia sudah usahaku selama ini. Selamanya aku tak bisa jadi apoteker, tak bisa ikut UKAI bila IP <3. Aku ini sebenarnya bisa apa ??!??

Sudah hampir 5 tahun lamanya diriku melihat teman-teman kampus gajah belajar seadanya tapi indeksnya A. Heningnya temanku seolah mengolok-olok diriku yang sudah terseok-seok, dapat C pula. PFfftttttttttt……..

Huhuhu

Huhuhu

Huhuhu

Huhuhu

Huhuhu

Dear Charlie, hadirmu selalu membakar baraku yang memang lemah. Terimakasih sudah datang kehidupku hampir setiap semester dari sarjana, sampai sekarang, kuliah apoteker, you love me that much………………….. :’)

Tentang 2018 goals. Kusampingkan target nomor 2. Kita fokus target nomor 1.

October 2018, here I go. Sumpah Apoteker periode 2017/2018. Bismillah….. Minta doanya  banget teman yang baca.. :’)

Because You Didn’t Know

Assalamualaikum Wr Wb

Berapa kali kamu menghujat seseorang? Dalam sehari, seminggu, sebulan?

Di dunia nyata? Atau beraninya cuma di dunia maya?

Mengapa menghujat dan mengapa dia dihujat?

Manusia lahir dengan kesempurnaan akal dan pikiran, membedakannya dari tumbuhan dan binatang — qadarullah tidak setiap manusia.

Pilihan hidupnya yang kamu hujat-hujat selama ini tidaklah salah, apa yang dia pikirkan, apa yang dia putuskan, semuanya hasil olahan akal dan pikirannya yang sehat dan sempurna.

Hujatanmua itu pada dasarnya karena satu alasan: kalian tidak sevisi.

Tujuan hidupmu X, tujuan hidupnya Y.

Bagaimana bisa satu suara, bila tujuan tidaklah sama?

Tidak perlu menghujat. Tidak perlu membully. Tidak perlu berseteru menyamakan pikiran, ngotot berharap dia berubah pikiran — satu suara denganmu, di saat tujuan hidupnya yang sebenarnya tidaklah sama dengan tujuan hidupmu.

Saatnya intropeksi diri, jangan-jangan justru tujuan hidupmulah yang salah. Jangan mencari pembelaan, justru yang dicari adalah kelemahan. Bukan mencari kelemahan lawan, justru mencari celah kekuatannya.

Atau saran terbaik dariku: tidak usah dipikirkan saja

Dia aneh sendiri dan akhirnya dia terhujat — tanpa dicari dahulu alasan mengapa dia menjadi aneh, dan alasan-alasan itu, tidak selamanya perlu diungkapkan. Entah itu menutupi aibnya, aib temannya, atau jangan-jangan, aib keluarganya? Bukannya memang kita tidak diperbolehkan mengungkapkan aib. So, he did right. Saat situasi seperti ini tiba, thinking is not needed, feeling is. Di mana pengertianmu?

Because you don’t know why he did it, and how does it feels.

“Anak yang kamu sakiti itu, adalah anak yang dibahagiakan mati-matian oleh orang tuanya”

Mulai detik ini, selama dia tidak menyimpang dari jalan yang lurus, berhenti menghujat, berhenti membully 🙂

Wassalamualaikum Wr Wb