Idul Fitri 1435H. Harus dipost sebelum lupa ^^

Assalamualaikum Wr Wb

Selamat hari raya idul fitri 1435 H. ~~~ 😀
Mohon maaf lahir dan batin…
Semoga Allah membaraqahi amalan kita selama bulan Ramadhan kemarin. Aamiin
Maafkan aku yang banyak salah ini, aku hanya makhluk Allah yang tidak sempurna 
Maaf jg gak bisa kirim THR.. Cuma bisa kirim Voucher Pulsa Rp100.000,-
▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒
▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒▒
Gosok pake uang logam ya…
Indahnya berbagi 😀

Jadi rencananya gue mau review kegiatan hari ini, hehe

Mulai dari bangun pagi, terus keramas, dandan2 cantik, terus caw ke lapangan buat sholat Ied..
Nyampe di lapangan jam 7….dan masing kosong (‘’–,–\\\\\)
Kalo di komplek gue di Bandung sih jam 7 udah penuh bangeet. Dateng jam 7 berarti bersedia sholat Ied mepet ke solokan. Yahh begitulah~~~~ Mungkin karna di kampung nenekku ini mayoritasnya emg manula-manula gitu kali yak, jadi lambat jalan ke lapangannya. Dimaklumi dah hahahaha.

Ada beberapa sesi dulu sebelum dimulainya sholat Ied. Sesi pertama, sambutan dari perwakilan dewan masjid. Sesi ke dua, sambutan dari Wali Nagari (kepala desa). Lalu sesi ketiga, iyalah sesi infak dan sodaqah (lho maksudnya??). Ya jadi ada sesi khusus mengumpulkan infak hahahah . Jadi di sesi ini, ada 1 orang bicara di mimbar, menyebutkan nama siapa-siapa saja yang udah memberikan zakat 1 per satu beserta jumlah zakat yang diberikan. Terus ada ibu-ibu dan bapak-bapak yang ngider bawa semacam kencleng gitu. Kalo ada yang masukin duit 100ribu/50ribu, doi langsung teriak ke bapak2 yg ada di mimbar buat sebutin Nama dan Jumlah Sodaqahnya pake mic.

Ria?
Mungkin maksudnya baik, supaya orang-ornag termotivasi buat ngasih sodaqah juga
Positif thinking aja lah ya
fufufufu

Naah… seusai sesi itu. sholat Ied dehh.. Selesai sholat Ied dengerin khutbah. Sayang masing aja ada orang yg gak tau kalo pas khutbah itu itungannya masih ibadah lanjutan dari sholat Ied. Masih aja ada yang ngobrol dan mengeluarkan suara.

Sesi Khutbah. Pak Ustadz nya nyenengin bangeeet >v< . Suaranya lantang, orator banget lah. Sebagian besar sih khutbahnya pake Bahasa Indonesia, tp logatnya Minang bgt gitu, masih keluar juga sedikit bahasa Padangnya.. Untung gue ngerti wkwk. Isi dari ceramah pun bermutu banget. Aku review ya. Supaya akunya gak lupa jg hehehe. (Dibaca ya!!)

“Banyak orang yang bilang, Idul Fitri ini adalah hari kemenangan.
Sebelumnya, coba kita simak kisah ini terlebih dahulu.

Ada 2 orang anak SD. Ya anggaplah 2-2nya sama2 kelas 4, sekolah di tempat yang sama, dan di kelas yang sama. Ya anggap saja si A dan si B. Si A orangnya rajin, sering mengerjakan pr, taat pada guru, dan soleh. Sementara si B. B adalah anak pemalas, hobinya bolos sekolah, gak pernah ngerjain pr, dan sering membangkang. Hingga tibalah hari pembagian rapot. Si A, nilai matematikanya 9, B. Indonesianya 8, agamanya 9. Berkat kerja keras si A itu, akhirnya gurunya mengumumkan bahwa ia mendapatkan rengking 1. A mendapat penghargaan berupa tropi dari sekolah. Dibawanyalah tropi tersebut ke rumahnya dengan senang dan bangga. Sementara si B, matematikanya 4, B. Indonesia 6, agama 5, semuanya dapat nilai merah. Namun dia bawa tropi juga sampai di rumah, karna pegen punya tropi juga dia pergi ke kota. Ketawalah orang serumahnya. Mana mungkin nilai merah semua di rapot tapi dapat tropi juga.

Nah, begitu pula keadaan kita sekarang. Katanya sih Hari Raya Idul Fitri ini adalah hari kemenangan. Di hari lebaran ini kita senang-senang. Makan opor, rendang, kue, pake baju baru, beli mobil baru, rumah baru. Seperti si B, hobi bolos, gak ngerjain pr, senang membangkang, namun sama-sama bawa tropi yg sama seperti si A ke rumah usai bagi rapot. Masih bisakah si B dikatakan juara seperti si A?? Masih bisakah dikatan hari Idul Fitri itu adalah hari kemenangan?? Bila saat bulan puasa kemaren jarang taraweh, bukber sana sini sampe mengenyampingkan sholat taraweh, atau yg males ke masjid karna malas sholat berjamaah, yg tarawehnya jarang, jarang witir, jarang infak, sadaqah, gak khatam quran, namun kita ikut-ikutan bersenang makan sana sini beli ini itu. Masihkah kita dikatakan pemenang??

Jleb…. Pikirkan kembali.

Lalu, materi tentang saling memaafkan. “Sungguh sangat sulit memaaafkan dia… terlalu dalam hati ini disakiti olehnya..”… ujar banyak orang. Heloooo~~~~ Siapa lu?? Manusia hanyalah makhluk hina yang diciptakan dari segumpal mani. Sementara pencipta kita, Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Apakah Allah pernah dendam kepada makhluk-Nya??. Mengundur-undur waktu sholat, jarang baca quran, suka nyindir temen, gossip, dan perbuatan buruk lainnya, sirik,masih ada yg percaya ramalan, sementara Dia masih memberi kita nafas, udara, memberi kita rezeki, kita masih bisa makan, minum, sekolah. Apakah Allah dendam pada makhluk-Nya?? Manusia makhluk hina, sombong sekali mendendam, bila Pencipta kita saja tidak pernah mendendam. Mari saling memaafkan satu sama lain, bukan hanya saat Hari Raya saja 

Pikirkan kembali.

Inget sejarah penciptaan Adam. Adam diciptakan, lalu Allah menyuruh malaikat dan iblis untuk sujud kepadanya. Di tahun 2014 ini, masih saja ada yang takut sama setan. Takut ke wc karna gelap bisi ada jurig. Hell0~~~~ Dulu aja iblis disuruh sujud ke kita, menandakan bahwa manusia itu makhluk yang lebih mulia. Dan sekarang masih aja ada yg takut hantu…yg jelas2 iblisnya aja disuruh sujud ke kita. Apa yang harus kita takutkan… *motivasi diri :D* wkwk

Lebih kurang itu yang aku inget dari khutbah bapak tadi hehe. Semoga gak ada yang bagian yg kurang hahaha *tp kayaknya ada* hahaha. Beres sholat Ied, salam-salaman deh sama keluarga besar, tetangga nenek, mengunjungi rumah nenek dari papa, rumah dun sanak (saudara), rumah bako-bako mama (rumah saudara laki-laki papa), dll. Indahnya silaturahmi 😀
Nih selfie gue pas silaturahmi ke rumah Alm. Pak Datuk Rajo Bandaro yg dulu (julukan untuk pemimpin keluarga besar mama gue) (fotonya sih pemandangan di luar rumahnya)
Wkwkwk.

IMG_0763

Asri yak?? Ya begitulah kampungku~~~ 😀
Banyak sawah, kolam, dll.
Di belakang rumah nenek dari papa, ada pemandangan sekian hektar sawah, juga dikelilingin sama kolam ikan
Nama nagari (desa) gue kan Tabek, yang artinya Kolam 😀

Next Post : Curhat pengalaman gue mudik ke Padang~~~~~ hehehehe 😀

Wassalamualaikum Wr Wb

Advertisements

Saya ENFP :p

Assalamualaikum Wr Wb

Kemaren gue dikasih PR ama mamet OSKM. PRnya tu tes MBTI gitu deh. Apa itu MBTI? MBTI itu singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator, jadi semacam tes kepribadian, yang dibuat sama bapak Myers Briggs. Sekalian review #diklatday6 nih, gue mau ceritain seluk beluk MBTI dulu, hehe. Jadi bapak barusan membagi kepribadian manusia menjadi 4 indikator, masing-masing indikator terbagi menjadi 2 jenis:

1. Cara berinteraksi
a. Introvert (I), yakni orang yang lebih senang berkomunikasi dengan diri sendiri
b. Ekstrovert (E), lebih senang berinteraksi ke luar/orang lain

2. Cara memperoleh informasi
a. Sensing (S), yakni orang yang menerima informasi berdasarkan data dan fakta
b. Intuition (N), yakni orang menerima informasi berdasar imajinasi, logika, atau asumsi

3. Menentukan Keputusan
a. Thinking (T), ialah orang yang memutuskan berdasarkan pertimbangan pemikiran
b. Feeling (F), memutuskan berdasarkan perasaan/naluri

4. Gaya menghadapi dunia
a. Judging (J), bukan berarti menghakimi. Judging di sini artinya style orang yang sistematis, pemikiran dan tindakannya sekuensial (gak loncat-loncat)
b. Perceiving (P), ialah style orang yang fleksibel, random, dan adaptif terhadap perubahan yang terjadi

Sementara gueeh? ENFP :p

ENFP
The Advocate/The Visionary/The Champion Idealist/The Inspirer
sumber : http://lailashares.wordpress.com/2011/04/11/apakah-kamu-seorang-enfp/

Hanya ada 7% dalam setiap populasi

Secara umum, ENFP dicirikan dgn kelihaiannya membaca orang lain dan menganalisis segala kemungkinan berdasarkan imajinasinya. ENFP sering bosan akan keteraturan dan rutinitas, jarang melakukan suatu hal dengan cara yg sama, dan dikendalikan untuk menyelami hal-hal yg sama sekali baru baginya. Bagi seorang ENFP, hidup adalah suatu petualangan kreatif karena ia melihat potensi positif pada diri setiap orang. ENFP adalah seorang yg menginspirasi dan memotivasi orang lain secara alami. Ia juga senang menolong orang lain untuk bertumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya.

Bila kita uraikan, E berarti Extrovert, N berarti Intuitive, F berarti Feeling dan P berarti Perceiver. Mari kita ulas lebih detail..

Extrovert dicirikan dgn preferensi untuk fokus pada hal-hal di luar dirinya. Seorang extrovert menikmati interaksi sosial dan sangat antusias, banyak bicara, banyak menceritakan pengetahuan dan pengalaman hidupnya, serta ekspresif. Ia menikmati kumpul bersama teman2, saudara, bahkan orang2 asing. Para extrovert cenderung menghabiskan waktu bersama orang lain dan mendapatkan tambahan energi dari interaksi sosial.

Intuitive dicirikan dgn fokus pemikiran lebih pada masa depan dan berbagai kemungkinan daripada masa sekarang dan fakta. Seorang yg intuitive akan membaca hal-hal yg tidak terlihat secara kasat mata. Ia adalah pemikir abstrak, menemukan berbagai inovasi, imaginatif, idealis, rumit, dan teoritis.

Feeler dicirikan dgn bagaimana seseorang mengambil keputusannya. Seorang feeler cenderung subjektif dan mengambil keputusan berdasarkan pada prinsip dan nilai-nilai hidup. Mereka diatur oleh perasaan daripada pikiran/logika. Seorang feeler biasanya terlihat sangat mengejar impiannya, emosional, lembut, sensitif, mudah memahami orang lain, perhatian, dan hangat.

Perceiver dicirikan dgn preferensi yang ditampilkan di luar. Seorang perceiver adalah orang yg fleksibel, menyukai banyak pilihan dan berpikir secara acak. Mereka sangat spontan, santai, tidak teratur, sering merubah keputusan di tengah jalan, suka menunda hingga detik terakhir.

Tampilan Fisik:

Tinggi langsing akan berpembawaan tenang. Ketika berjalan, jarak antar kaki agak lebar dan memiliki tatapan licik. Kadang ketika sedang tidak aktif akan terlihat ekspresi heran atau takjub. Umumnya, hidung lurus dan proporsional dengan seluruh wajahnya.

Pendek penuh lebih terlihat ekstrovert. Mukanya bulat, tembam, dan bertepian lembut. Memiliki senyum yang indah, tatapan mata berbinar, selalu terlihat dalam mood yang baik.

Pilihan baju dan aksesoris umumnya sangat berkarakter terutama pada wanita. Mereka berpakaian dengan cara yang mengindikasikan selera teatrikal atau dramatis.

ENFP pria dengan pesonanya memiliki perilaku sopan sering sukses dalam menaklukkan hati lawan jenisnya. Sementara ENFP wanita dengan watak yang jenaka atau suka melucu dapat menyebabkan kesalahpahaman pada lawan jenisnya. Jika ENFP wanita ini menangkap lawan jenis menganggap serius apa yang ia lakukan kemudian ia akan menghentikan kesalahpahaman ini bahkan mungkin berubah perlakuan 180 derajat.

Kekuatan: Optimistis, introspektif, inspiratif, ekspresif, kreatif, spontan, eksprimental, wawasan luas, supel, fleksibel, hangat, ramah, pengertian, mengayomi, antusias.

Kelemahan: Pemimpi, pembosan, dramatis, emosional, perfeksionis, plin plan, konyol, ribet

Hobi: Menulis, membuat dan mengapresiasi karya seni, memainkan alat musik, mendengarkan musik, berpartisipasi pada komunitas teater, membaca fiksi.

Bakat Terpendam: Persuasive, kemampuan mendeteksi bakat terpendam orang lain secara akurat, sangat intuitif, orientasi melayani orang lain, natural leader tapi tidak suka mengontrol orang lain, kemampuan bicara dan menulis yang sangat baik, dapat bekerja secara logis dan rasional, mudah memahami konsep dan teori yang umumnya dianggap sulit, cenderung sukses pada setiap pekerjaan yang menarik hatinya.

Karir Ideal: Konsultan, psikolog, wiraswasta, aktor, guru, penasihat, diplomat, politisi, penulis, wartawan, reporter TV, spesialis komputer, programmer komputer, analis sistem, peneliti, insinyur, desainer, human resource, musisi, marketer, suster, pelukis, public relation, ilmuwan, manajer projek, pekerja sosial, pelatih

Sisi Romantis ENFP

Definisi Cinta: Menemukan seseorang untuk berbagi pengabdian, kesetiaan, dan kasih sayang (eeaa)

Jatuh Cinta: Secara imajinatif. ENFP dapat merasakan cinta dan kasih sayang yang menyerupai kemurnian anak kecil.

Putus Cinta: Lambat dalam meninggalkan suatu hubungan, tetapi ketika telah berhasil menerima kenyataan akan bangkit sangat cepat.

Komitmen: Mencari komitmen seumur hidup (NAAHH! Wahahhahaa)

Pasangan Ideal: INTJ atau INFJ. Seorang pasangan yang mendukung kreatifitasnya dan perhatian, mengekspresikan apreasiasi terhadap kualitas unik yang dimiliki secara terbuka dan sering.

Sooo, apakah kamu INTJ/INFJ? Kalo begitu, kita bisa saling melengkapi lho :*
Bwakakakak :))

Walau gue ENFP, bukan berarti gue gak punya sisi kebalikannya, lho.

E gue emg dominan 73%, tp sisi introvert masih ada 27%. I gue 67%, masih ada sisi sensing sebesar 33%. F gue gak gede2 amat, 60%, masih ada sisi thinking 40%, dan P gue emang tinggi banget hee, 87%, mungkin karna ini manajemen diri gue begini:)) dan ini yang musti sedikit diubah hoho

Nih kalo mau tau kamu tipenya apa bisa download excel ini, ntar hasilnya keluar sendiri 🙂 : mbti

Silakan dicoba, siapa tau kamu INTJ/INFJ wkwk 😀

Wassalamualaikum Wr Wb

Harus dipost sebelum lupa :)

Jadi hari ini tuu, penuh pencerahan.

Mulai dari OSKM sampe taraweh, semesta mendukung gue untuk membuka mata, hati, dan pikiran lebih lebar. Jadi ceritanya selesai sekolah mentor tadi, biasa, ada eval gitu. Nah di situ danlap marahin PJ kuorum ampe disuruh push up 5 seri (akhirnya cuma 2 seri sih). Terus si danlap n para pendiklat ninggalin kita gitu aja, mungkin tujuannya micu kita buat kumpul angkatan dan diskusiin semua masalah di angkatan. Lalu, diantara beberapa org  yg bicara, ada 1 orang temen gue yakni Nurizka Fitrianingrum alias Nunu yg paling ngena bangeeet di hati gue. Kyaa nunu kyaa :* :* :* Xoxo Menurut nunu, masalah terbesar di angkatan gue yakni tidak ada ‘cinta’. Di setiap jarkom, kumpul angkatan dll, unsur cinta akan keluarga satu angkatan ini gak pernah muncul. Ya pokoknya gitu deh, pokoknya berkesan pisanlah nu tx ya :* {} :D. Terus pas taraweh, kebetulan yang ceramahnya pak Ustad H. Ahmad Satori. Beliau enak banget bacaan sholatnya. Tadi ceramah tentang tipe-tipe orang yg diridoi Allah, mungkin kalo kata si Ilma semacam orang2 yg aura surgawi gitulah.

1. Rajin Sadaqah

2. Tidak emosian, tidak mudah marah

3. Senang memaafkan

4. Sering meminta ampunan kepada Allah SWT

Terus jadi kepikiran, gue jauh banget dari ciri2 aura surgawi:'( Astaghfirullah…

Sekarang termotivasi untuk berubah. Alhamdulillah dapet hidayah di bulan Ramadhan yg penuh baraqah ini 🙂 Makasih banyak, dear Allah SWT 🙂