Life’s Principle

Assalamualaikum Wr Wb

Sebelum memulai diskusi monolog hari ini. Izinkan saya berterimakasih dahulu kepada sistku yang membanggakan dan sangat menginspirasi Ilma Asharina Lubis😘 Sist ilma juga suka blogging, ini alamatnya: readwsmile.tumblr.com. Dia banyak cerita tentang kehidupan sehari-harinya, dan banyak mengambil hikmah dari setiap momen. Subhanallah memang sisku yang satu itu. Satu kata untukmu sist: “vvovv”. Membuatku kembali #ingat-ingat visi wordpress ini. Kalo dipikir-pikir kok lebih banyak curhatnya ya daripada kebermanfaatannya?😢

☆☆☆☆☆ LURUSIN LAGI NIATNYA! ☆☆☆☆☆

Sist Ilma baru aja ngupdate tumblrnya.. ini yang terakhir, dia ngereblog tulisan abang2 gitu. Tulisan yang beliau susun dengan cantik ini rasanya membuat diriku lega..  Alhamdulillah, ternyata banyak yang seprinsip wkwkwk 🙂 Dari 400+ orang yang ngereblog, ternyata sis Ilma salah satunya.. you are 1 in billion siss😆 Tanpa mengurangi rasa hormat ke pemilik tulisannya, berikut hasil screenshotnya. By: Choqi Isyraqi.

Ada beberapa pesan yang disampaikan banyak ulama tentang prinsip hidup manusia. Ada 5 prinsip yang paling nancep di kepala awak:

  1. Tentang manusia yang paling dicintai Allah, yaitu manusia yang bermanfaat bagi manusia lain, bukan hanya perkara dunia, juga termasuk perkara akhirat.
  2. Semakin tinggi capaian ilmu, harta, tahta/jabatan. Semakin besar pertanggungjawabanmu di akhirat. Pesan ini intisari dari sebuah hadis hasan-shahih yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud: Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba (pada hari kiamat) sehingga ia ditanya tentang umurnya digunakan untuk apa, tentang ilmunya apa yang ia lakukan, tentang hartanya dari mana ia peroleh dan digunakan untuk apa, dan tentang fisiknya mengapa ia menyia-nyiakannya” (HR. at-Tirmidzi no. 2416)
  3. Hanya 3 perkara yang dibawa mati. Anak yang sholeh, ilmu yang bermanfaat, dan amal sedekah.
  4. Ketika diberi ujian oleh Allah, haram hukumnya meminta diringankan. Justru mintalah kepada Allah agar kita dikuatkan. Karena sesungguhnya ujian itu diberikan untuk menguatkan manusia, meningkatkan derajat manusia yang mampu melaluinya. Prime time untuk menjadi lebih kuat.
  5. Hidup yang lurus-lurus saja. Jangan takut dibenci orang. Hidup mencari ridho dan berkah Allah. Taati Al Quran dan sunnah rasul, jauhi larangan-Nya.

Semangat, aku dan kamu yang seprinsip. Kapal kita bakal diguncang berjuta-juta kali, tapi prinsip-prinsip ini harus dipertahankan sampai mati, semoga kita husnul khotimah.

Wassalamualaikum Wr Wb

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s